Mengatasi Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted

Masalah Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted ini saya alami ketika memindahkan hosting sebuah website berbasis WordPress. Pada saat memindahkan file-file website, database, setting dll semua berjalan normal dan halaman utama website pun tampil, hanya saja terjadi masalah saat akan mengakses Dashboard wp-admin. Saat mengisi form login di wp-admin hanya tampi halaman blank dengan keterangan Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted.

Sumber masalah tersebut adalah karena batasan memory yang diberikan oleh jasa penyedia hosting tidak mencukupi atau terlalu kecil. Di forum-forum banyak dibahas masalah ini ada yang berhasil dan ada yang tidak berhasil. Pada tulisan ini saya akan berikan beberapa alternatif solusi masalah tersebut.

  • Hubungi penyedia Hosting

Ini cara yang paling mudah, jika anda merasa yakin masalah utamanya adalah memory limit terlalu kecil yang diberikan oleh penyedia hosting, karena ada kemungkinan juga kesalahan konfigurasi yang menyebabkan error padahal memory limit dari hosting lebih dari cukup.

  • Nonaktifkan semua plugins

Tidak semua plugins akan berjalan sempurna ketika pindah hosting, update plugins, upgrade wordpress. Cobalah menonaktifkan plugins dan lihat apakah masalah tersebut terselesaikan, pertanyaannya adalah bagaimana menonaktifkan plugins sedangkan untuk masuk ke Dashboard saja hanya tampil kode error, solusinya adalah nonaktifkan plugins melalui phpmyadamin caranya dibahas disini.

  • Maksimalkan jumlah memory limit

Seperti dijelaskan pada solusi pertama memory limit adalah jumlah memory yang diberikan penyedia hosting dan secara otomatis WordPress akan menggunakan secara maksimal jumlah memory yang diberikan, seharusnya demikian. Namun masalah tersebut tetap terjadi pada website yang saya pindahkan hostingnya walaupun telah saya minta penyedia hosting untuk menaikkan jumlah limit memory, step by step solusi terakhir ini (yang berhasil) sebagai berikut:

  1. Cek jumlah memory yang diberikan oleh hosting, caranya bisa dilihat disini

  2. Akses file website via cpanel atau FTP

  3. Edit file wp-config.php dan tambahkan kode

define( 'WP_MEMORY_LIMIT', 'jumlahmaksimalmemory' );

contoh

define( 'WP_MEMORY_LIMIT', '256M' );  jika jumlah memory yang disediakan adalah 256M
fatal error wp memory limit 3
Penulisan pada file wp-config.php dapat dilihat pada gambar diatas, selanjutnya save file wp-config.php dan selamat, masalah terselesaikan



3 thoughts on “Mengatasi Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted

  1. Reply

    […] hosting tentunya mengetahui atau cek konfigurasi PHP pada hosting cukup penting, karena ada saja masalah yang timbul pada website dan melibatkan konfigurasi PHP ini, caranya […]

  2. Reply

    […] atau menonaktifkannya dengan mudah di Dashboard Administrator. Namun jika pada suatu kondisi tidak dapat mengakses Dashboard menonaktifkan plugins bukanlah hal yang tidak mungkin, salah satunya seperti cara dibawah ini […]

  3. Reply
    Kacamata Grosir Jakarta - May 18, 2016

    Work gan… tks banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *