Pameran Budaya Indonesia di Eropa

Pameran Budaya Indonesia Akan Jadi Tema Europalia 2017

Pameran Budaya Indonesia di Eropa akan menjadi tema utama dalam pameran seni dan budaya di Eropa, Europalia, pada tahun 2017. Presiden Joko Widodo dan Putri Astrid Josephine dari Belgia secara khusus membahas hal ini dalam pertemuan yang digelar pagi tadi di Istana Merdeka.

“Yang dibahas adalah Indonesia akan menjadi negara tema atau negara yang menjadi tema dari pameran seni dan budaya yang dinamakan Europalia pada 2017,” kata Menteri Luar Negeri Retno seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan Putri Belgia di Istana Merdeka, Selasa, 15 Maret 2016.

Festival Seni Budaya Europalia 2017

  • Festival ini akan berlangsung dari 10 Oktober 2017 sampai  21 Januari 2018.
  • Indonesia adalah Negara Tamu Festival ke-26
  • Indonesia adalah Negara Tamu pertama dari Asia Tenggara
  • Indonesia adalah Negara Tamu  keempat dari  Asia (setelah Jepang, Cina dan India)

Retno mengatakan pameran ini tidak hanya akan digelar di Belgia, tapi juga beberapa negara lain di Eropa. Menurut dia, Europalia merupakan pameran yang dilangsungkan tiap dua tahun sekali. Pada 2015, Turki yang terpilih menjadi negara tema dalam pameran itu.

Retno mengatakan panitia yang memilih Indonesia sebagai negara tema. Menurut dia, alasan pemilihan Indonesia karena Indonesia dinilai sebagai negara besar dan memiliki pengaruh penting dengan ragam budaya yang sangat banyak. “Tahun 2015 itu Turki, 2013 itu Cina, lalu di Indonesia. Bisa ditarik benang merah Indonesia dipotret sebagai negara besar yang punya pengaruh penting,” katanya.

Pameran ini, kata Retno, berlangsung selama empat bulan. Dalam pameran itu, seni dan budaya Indonesia akan dipertontonkan. Selain itu, arsitektur dan kuliner khas Indonesia akan menjadi suguhan utama dalam pameran selama empat bulan di sejumlah negara di Eropa. “Pusatnya di Belgia, mulai pameran bulan Oktober,” katanya.

Pameran Yang Akan Ditampilkan

  • Warisan Budaya, kurator Daud Aris Tanudirjo
  • Kekuasaan dan Hal-hal Lain, kurator Riksa Afiaty dan Muhamad Enin Supriyanto
  • Komik , kurator Hikmat Darmawan, dengan artis komik Eko Nugroho
  • Maritim, dalam kerjasama Museum Nasional, koordinator Intan Mardia
  • Arsitektur, koordinator Ahmad Djuhara
Pameran Budaya Indonesia, Tari Kecak Bali

Tari Kecak Bali dalam Showcase Europalia 2017, Bali

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/news/2016/03/15/173753729/budaya-indonesia-akan-jadi-tema-pameran-budaya-di-eropa-2017

europalia.id

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *